Petunjuk Mengenai Peta MRT di Singapore

Advertisement
MRT (Mass Rapid Transit) merupakan jaringan transportasi kereta utama di Singapura yang menghubungkan hampir setiap wilayah utama di Singapura. Sedangkan untuk cakupan distrik (lokal) misalnya di perumahan digunakan LRT. Dengan mengetahui jalur-jalur MRT atau setidaknya mengetahui cara melihat peta MRT maka dijamin Anda tidak akan kesusahan saat menuju tempat-tertentu di Singaputa. Berikut ini adalah beberapa petunjut mengenai peta MRT di Singapore.
* Baca disini untuk informasi umum seputar MRT

Cara membaca peta MRT Singapore

Klik untuk memperbesar

Dalam peta MRT di atas, jalur MRT digambarkan dengan garis berwarna-warni dimana terdapat empat jalur yaitu jalur East West (EW) - jalur hijau, North South (NS) - jalur merah, Circle Line (CC) - jalur kuning, dan North East (NE) - jalur ungu. Sedangkan garis abu-abu merupakan jalur LRT.
Selain memperhatikan jalur kereta, Anda juga perlu meperhatikan letak stasiun terutama stasiun interchange. Stasiun interchange merpakan stasiun yang bisa digunakan untuk berpindah/transfer kereta di jalur lain tanpa harus membeli tikel lagi.

Contohnya di stasiun Raffles Place terdapat lingkaran putih yang menghubungkan jalur merah dan jalur hijau. Artinya di Stasiun Raffles Place ini kita bisa berpindah dari jalur hijau ke jalur merah atau sebaliknya.

Note: Jika lingkaran putihnya hanya satu, berarti jalur keretanya berdekatan. Jika terdapat dua atau tiga lingkaran putih yang berhubungan, berarti jarak antar jalur agak berjauhan sehingga Anda harus berjalan agak jauh untuk mencapai jalur lainnya. Untuk mencapai stasiun selanjutnya, silahkan lihat petunjuk arak yang ada di dinding atau tergantung.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menuju tempat tertentu dengan MRT:
  1. Tentukan terlebih dahulu stasiun tujuan Anda
  2. Cari stasiun awal dan stasiun terakhir yang melewati tujuan Anda
  3. Ketahui di stasiun mana Anda berada
  4. Ketahui stasiun awal dan stasiun akhir yang melewati stasiun Anda berada
  5. Tentukan stasiun interchange untuk transfer
  6. Bila terdapat beberapa jalur yang bisa dilewati maka pilih yang paling pendek karena semakin banyak stasiun yang dilewati semakin mahal biayanya *).
*) Lihat disni tips menghemat biaya perjalanan lainnya

Contoh rute MRT Singapura

Anda ingin naik MRT dari Changi Airport ke Bugis
  • Stasiun tujuan: Bugis
  • Stasiun awal jalur hijau yang melewati Bugis : Pasir Ris, stasiun terakhirnya: Joo Koon
  • Stasiun Anda berada: Changi
  • Stasiun awal jalur hijau yang melewati Changi : Changi, stasiun terakhirnya: Tanah Merah
  • Stasiun interchange/transfer: Tanah Merah
  • Jadi untuk menuju bugis dari Bandara Changi maka Anda harus naik kereta ke Arah Tanah Merah dan turun di Tanah Merah. Kemudian pindah jalur hijau yang ke Joon Koon dan turun di Bugis.
Advertisement
Petunjuk Mengenai Peta MRT di Singapore | Hendsg67 | 5

0 komentar:

Posting Komentar