9 Tips Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Jalan-jalan Ke Singapura

Advertisement
Singapura seringkali menjadi pintu gerbang pertama para traveller untuk menjajal yang namanya jalan-jalan ke luar negeri sebelum ke negara-negara lainnya. Selain tempatnya yang sangat dekat dengan Indonesia, Singapura juga menawarkan tempat-tempat wisata yang banyak, beragam, dan tentu menarik untuk dikunjungi. Nah, bagi kamu baru pertama kali jalan-jalan ke Singapura, beberapa tips berikut mungkin bermanfaat untuk kamu.

1. Buat Rencana Perjalanan Se-Detail Mungkin 

jalan-jalan ke singapura, jalan jalan ke singapura, wisata singapura,

Karena ini pertama kalinya kamu jalan-jalan ke Singapura, entah secara solo atau bareng temen, hal pertama yang wajib dicatat tentu saja menyusun rencana se-detail mungkin. Ini meliputi tiket pesawat, tempat menginap (sewa apartemen, tidur di dorm, homestay, hotel), berapa lama akan menginap, destinasi wisata yang akan dikunjungi, serta alat transportasi menuju dan berpindah dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain. Kamu bisa dengan mudah mencarinya di blog ini untuk mendapatkan informasi selengkap mungkin. Catat semua dalam buku sebagai pegangan selama kamu jalan-jalan ke Singapura untuk pertama kalinya.

2. Jaga Kondisi Tubuh Dengan Banyak Minum Air Putih 

Travelers, tahu nggak? Iklim di Singapura mirip banget dengan Indonesia, panas dan juga lembab dan ini bisa bikin tubuh gampang berkeringat. Apalagi kalau kamu banyak jalan dan panas-panasan. Untuk mensiasati tubuh terkena dehidrasi kamu disarankan untuk sering minum air putih. Kamu bisa bawa botol sendiri kok dan kabar gembiranya adalah air dari kran di Singapura bisa diminum. Tempat wisata dan bandara menjadi lokasi kran-kran berisikan air tersebut. Tapi kalau kamu merasa nggak yakin, kamu bisa beli air minum kemasan dengan harga kira-kira S$2 per botol. Dan biar keringat nggak tambah mengucur, ada baiknya kamu bawa topi atau payung.

3. Cari Tempat Makan Murah 

Travelers, kalau budget-nya terbatas, nggak usah memaksakan diri makan di restoran mewah karena di Singapura juga ada banyak hawker atau street food dengan rasa pas di lidah dan ramah di dompet. Di Singapura ada beberapa spot yang jadi langganan traveler dunia untuk mendapatkan makanan murah, seperti di Lau Pa Sat dan Chinatown Food Street. Menu makanan dan minuman yang ditawarkan variatif banget. Hanya dengan uang sekitar S$15 kamu bisa makan dan minum dengan kenyang. Nah buat kamu yang muslim, mesti pilih-pilih tempat ya. Kamu bisa browsing di internet tentang tempat makan yang menyediakan menu halal, seperti di Kawasan Arab Street, Bugis Street, Serta Daerah Sultan Mosque.
Lihat juga: 5 Makanan Khas Singapore Dengan Harga Terjangkau

4. Mending Pilih Transportasi Umum 

Tahu nggak? Singapura dikenal punya alat transportasi umum yang canggih, teratur, dan pastinya terjangkau. So, untuk menghemat uang kamu disarankan naik bus atau MRT. Kalau memutuskan mau naik MRT, kamu harus ke stasiun MRT dulu untuk beli kartu EZ link di mesin tiket dengan top up sekitar S$5 atau lebih. Sistemnya seperti beli pulsa kok. Caranya? Cukup letakan kartu tersebut di atas mesin. Ikut intruksi yang ada di layar monitor. Kalau kamu nggak tertarik beli kartu EZ Link, kamu bisa beli tiket dengan tipe satu kali jalan. Tapi kalau mobilitasmu tinggi, mendingan beli kartu EZ Link karena lebih praktis. Beda lagi kalau kamu mau pilih bus. Yang harus kamu tahu tentu saja nomor bus yang akan mengantarkanmu ke tempat tujuan. Rute bus di Singapura sangatlah teratur jadi kamu bisa tahu dimana harus naik dan dimana harus turun. Kartu EZ Link yang kamu beli di stasiun MRT juga bisa digunakan untuk naik bus. Tinggal di tempel di atas kartu mesin yang ada di pintu bus.
Baca juga: Cara Naik MRT di Singapore

5. Temani Perjalananmu Dengan Peta 

Biar nggak tersesat karena tidak tahu harus naik kereta yang mana, kamu juga disarankan untuk membawa peta Singapore yang bisa didapat di semua stasiun, serta memperhatikan papan penunjuk jalan dan cara untuk masuk ke area stasiun. Kalau masih bingung, kamu bisa tanya pada petugas keamanan. Selain itu, kamu juga disarankan membawa peta jalan raya atau tempat-tempat wisata di Singapura yang akan kamu kunjungi sebagai pegangan agar tidak tersesat.

6. Patuhi peraturan di Singapura 

jalan-jalan ke singapura, jalan jalan ke singapura, wisata singapura,
Negara Singapura terkenal dengan peraturan yang ketat dan orang-orangnya dispilin. Jadi, jangan sampai punya niatan untuk melanggar aturan ya karena resikonya bisa bikin kamu masuk penjara. So, kamu harus tertib saat naik MRT, menyeberang jalan, jangan merokok saat naik MRT, jangan membuang sampah sembarangan, berdiri di sebelah kiri saat di eskalator dan juga harus rela mengantri.

7. Perlengkapan yang harus dibawa waktu jalan-jalan

Travelers, waktu jalan-jalan bawalah paspor/identitas lain serta uang dalam bentuk dolar Singapura secukupnya. Kalau budget terbatas, kamu bisa bawa uang dalam jumlah tertentu tiap hari untuk makan, transportasi, dan juga tiket masuk lokasi tempat wisata yang akan kamu kunjungi.

8. Simpan energi untuk esok hari 

Travelers, kalau kamu berencana tinggal beberapa hari, simpanlah energi untuk esok. Istirahat yang cukup dan pulang ke homestay atau hotel juga jangan terlalu larut. So, kamu harus benar-benar mengukur tenaga agar keesokan harinya bisa mengeksplorasi tempat wisata lain di Singapura. Dan kalau harus banyak jalan, nggak usah malu untuk istirahat sejenak. Bawalah plester atau salep anti nyeri buat jaga-jaga. Pakailah kaos kaki dan sepatu yang nyaman agar kamu bisa bergerak dengan lincah.

9. Tempat Belanja Murah Di Singapura 

Liburan buat orang Indonesia terasa hambar kalau nggak beli oleh-oleh. Untuk bisa mendapatkan harga miring, kamu bisa mengunjungi tempat belanja murah di Singapura. Misalnya di Far East Plaza, Lucky Plaza, Sim Lim Square, Bugis Junction, Bugis Street serta Little India. Jadi kalau punya budget terbatas, nggak usah shoping ke mall.
Advertisement
9 Tips Buat Kamu yang Baru Pertama Kali Jalan-jalan Ke Singapura | HEND sg | 5

2 komentar:

  1. Di Singapore banyak backpacker hotel dengan biaya per orang. Sebetulnya harga tidak terlalu bea jauh dengan hotel reguler. namun keuntungannya kita bisa dapat teman backpacker dari seluruh dunia. Salam

    BalasHapus
  2. Sharing Info : di Singapura banyak hostel2 yang lumayan terjangkau, harga kisaran 200.000-300.000 per orang. Kelebihannya, kita bisa berkenalan dengan traveler lain dari banyak negara lain.

    BalasHapus