Patung Merlion Singapura di Merlion Park Singapore

Advertisement
Patung Merlion merupakan ikon utama wisata Singapore yang tidak boleh dilewatkan saat anda berkunjung ke negara ini. Dari sekian banyak tempat wisata yang ada, tempat inilah yang paling sering dikunjungi wisatawan khususnya bagi yang baru pertamakali ke Singapura.

Lihat juga: Tempat Wisata di Singapura yang Wajib dikunjungi

Sejarah Patung Merlion Singapura

Sejak awal, Merlion memang dirancang sebagai lambang Singapore Tourist Promotion Board (STPB) pada tahun 1964 – dan sang kepala singa berbadan ikan di atas puncak ombak ini langsung menjadi ikon Singapura di dunia.

Patung Merlion dirancang oleh Mr. Fraser Brunner, anggota panitia souvenir dan kurator di Van Kleef Aquarium. Kepala singanya melambangkan singa yang terlihat oleh Pangeran Sang Nila Utama saat ia menemukan kembali Singapura di tahun 11 M, seperti yang terdapat dalam “Sejarah Melayu”. Ekor ikan dari Merlion sendiri melambangkan kota kuno Temasek (berarti “laut” dalam bahasa Jawa), nama Singapura sebelum sang Pangeran menamakannya “Singapura” (berarti “Kota Singa” dalam bahasa Sansekerta) dan juga melambangkan awal Singapura yang sederhana, yaitu sebagai perkampungan nelayan.

merlion, kepala singa, singapore, singapura, singapur, wisata singapore,

Patung Merlion memiliki ukuran tinggi 8,6 meter dan berbobot 70 ton, dibangun dari campuran semen oleh seniman Singapura, almarhum Mr. Lim Nang Seng. Patung Merlion kedua yang lebih kecil, berukuran tinggi dua meter dan berbobot tiga ton, juga dibangun oleh Mr. Lim. Bagian badannya terbuat dari campuran semen, kulitnya dari pelat porselen dan matanya dari cangkir teh kecil berwarna merah.

Perdana Menteri Singapura pada waktu itu, Mr. Lee Kuan Yew, meresmikan upacara pemasangan Merlion ini pada tanggal 15 September 1972. Sebuah prasasti perunggu mengabadikan peristiwa bahagia tersebut dengan tulisan, “Merlion ini didirikan sebagai lambang untuk menyambut semua pengunjung ke Singapura.”

Saat ini, Merlion telah menarik lebih dari satu juta pengunjung dalam satu tahun yang datang ke Merlion Park untuk mengambil foto ikon terkenal dunia ini.


Lokasi Patung Merlion 

Merlion dan anak Merlion, “Cub”, awalnya terletak di depan Singapore River, tepat di seberang Elizabeth Walk, hanya 120 meter dari lokasinya yang sekarang. Area yang juga disebut sebagai Merlion Park ini menjadi tempat atraksi wisata yang populer di Singapore dan menjadi salah satu tempat-tempat terkenal di kota-kota besar dunia.

Merlion yang baru terletak bersebelahan dengan One Fullerton, yaitu sebuah taman seluas 2.500 meter persegi yang baru saja dibangun. Di One Fullerton, terdapat aneka restoran, lounge, dan klub dansa di tepi sungai.

Area ini juga memiliki sebuah tanjung dengan teras tempat duduk dan sebuah dek untuk menonton yang sanggup menampung sampai 300 orang, serta sebuah tempat berlabuhnya kapal yang digunakan taksi air untuk menurunkan penumpang. Dek ini menawarkan pemandangan merlion yang terbaik untuk foto-foto, dengan background kota dan Marina Bay yang indah, termasuk gedung-gedung seperti The Fullerton Singapore dan Esplanade – Theatres on the Bay.

Merlion Cub terletak 28 meter di belakang sang Merlion. Dipasang pula sebuah sistem pompa untuk Merlion dan anak Merlion, sehingga dapat menyemburkan air sepanjang hari dan malam.

Cara ke Merlion Park Singapore

Untuk menuju ke Merlion Park, Anda bisa berjalan di menyusuri tepi sungai Singapura dari Raffles Place MRT Station. Ambil Exit H lalu ikuti petunjuk arah pada peta di bawah ini. Jika Anda mengambil jalur merah, perjalanan akan sedikit memutar,  tapi ada banyak pemandangan menarik yang bisa Anda lihat sepanjang perjalanan menuju Merlion Park. Jika ingin lebih cepat, ambillah jalur biru untuk menuju Merlion Park.
Lihat peta jalur MRT Singapura di link ini.

Advertisement
Patung Merlion Singapura di Merlion Park Singapore | Hendsg67 | 5