Mass Rapid Transit (MRT) Singapore

Advertisement
Mass Rapid Transit (MRT) adalah transportasi utama di Singapore. Dengan menggunakan sistem jalur kereta api, kereta yang dapat bergerak cepat ini mulai dibangun sejak tahun 1983. Dan pada tahun 1987, mulai dioperasikan untuk umum yang dimulai pada jalur padat terlebih dahulu dari Yio Chu Kang Station sampai Toa Payoh Station.

MRT Singapore saat ini telah memiliki 79 stasiun yang tersebar berbagai wilayah yang terbagi atas 4 jalur, yaitu : Jalus Nort South (NS) yang melayani rute Jurong East sampai Marina Bay. Jalur East West (EW) yang melayani rute Pasir Ris sampai Joo Koon, dari Changi Airport juga menggunakan jalur ini, namun berhenti pada persimpangan Tanah Merah. Jalur North East (NE) yang menghubungkan HarbourFront sampai Punggol. Dan yang terakhir adalah jalur Circle yang menghubungkan Dhoby Ghaut dengan Marymount. Jika Anda ingin berkeliling Singapura dengan MRT maka Anda perlu mengetahui jalur-jalur tersebut, sehingga Anda bisa mengetahui di stasiun mana harus turun atau berpindah kereta.

Berikut adalah peta jalur-jalur MRT di Singapura:
*) silahkan baca petunjuk penggunaan peta MRT Singapore

mass rapid transit, singapore, singapura, kereta, bawah tanah, wisata singapore, transportasi
Buka di tab baru untuk memperbesar

Kebanyakan stasiun MRT di Singapura berada pada bawah tanah (underground). Meskipun ada dibawah tanah yang cukup dalam, sinyal telepon tetap hidup normal dan sirkulasi udaranya sangat bagus. Setiap stasiun dilengkapi dengan fasilitas General Ticketing Machine (semacam mesin ATM) untuk pembelian tiket, informasi penumpang di Passenger Service, papan petunjuk arah dan papan informasi berupa LED dan Plasma Display.

Untuk menuju ke lokasi stasiun MRT, biasanya banyak petunjuk arah dengan logo seperti gambar ini. Anda hanya perlu memperhatikan petunjuk-petunjuk arah yang ada di jalan :

mass rapid transit, singapore, singapura, kereta, bawah tanah, wisata singapore, transportasi

Di setiap stasiun MRT, biasanya terdapat peta arah di sekitar stasiun MRT. Jika Anda belum hafal arah keluar, sebaiknya Anda singgah dan membaca peta ini dengan seksama agar tidak salah arah. Karena meskipun sama-sama pintu keluar, bisa jadi Anda mengambil pintu yang salah dengan tujuan Anda sehingga Anda harus mutar lagi. Jika tetap bingung, Anda bisa bertanya ke petugas pelayanan di bagian Passenger Service.

mass rapid transit, singapore, singapura, kereta, bawah tanah, wisata singapore, transportasi


Kereta MRT ini berjalan dengan cepat dan tepat waktu. Biasanya jarak antar kereta cukup dekat. Jadi, tidak usah terburu buru memasuki kereta (kecuali kereta terakhir). Cukup perhatikan saja kedatangan kereta berikutnya pada layar monitor di dekat pintu masuk MRT. Prioritaskan orang keluar terlebih dahulu dan jangan berdiri di depan pintu.

mass rapid transit, singapore, singapura, kereta, bawah tanah, wisata singapore, transportasi

Pada stasiun biasanya ada dua jalur kereta dengan arah yang berbeda. Baca baik baik petunjuk arah yang terdapat diatas pintu masuk. Biar tidak salah masuk kereta. Biasanya orang Singapura berjalan cukup cepat untuk menuju kereta, ya kan mereka sudah hafal harus belok ke kiri atau ke kanan. Jika dalam kondisi ramai, lebih baik cari dulu posisi yang agak sepi. Baru dibaca petunjuk arah dengan baik. Kalau situasi cukup padat, biasanya pada jam jam awal berangkat kantor atau jam pulang kantor, cari pintu masuk kereta yang paling ujung atau paling jauh dari tangga eskalator. Biasanya cukup sepi, dan kalau beruntung gerbong keretanya cukup longgar.

mass rapid transit, singapore, singapura, kereta, bawah tanah, wisata singapore, transportasi


Suasana dalam lingkungan stasiun MRT dan kereta sangat bersih. Jadi dilarang makan dan minum sembarangan di dalam areal ini. Karena jika melanggar, akan dikenakan denda. Cukup lumayan denda yang dikenakan. Ada banyak papan denda yang ditempel di berbagai tempat di sekitar pintuk masuk MRT. Jika lapar atau haus lebih baik makan terlebih dahulu sebelum naik kereta. Ada banyak toko kecil semacam 7Eleven di dalam lingkungan stasiun. Daripada kena uang denda lebih baik buat belanja makan dan minum dulu di toko.

Kredit post: singapura.gasibu.com
Advertisement
Mass Rapid Transit (MRT) Singapore | Hend Galus | 5

0 komentar:

Poskan Komentar