12 Tips Wisata ke Universal Studio Singapore

Advertisement
Universal Studio Singapore adalah salah satu tujuan wisata utama di Singapura. Selain terdapat banyak wahana di Universal Studio Singapore, lokasinya yang berada di pulau Sentosa juga menjadi keunggulan tersendiri. Karena pengunjung bisa menemukan banyak jenis atraksi yang menarik di sana. Kali ini, saya akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang ingin melakukan wisata ke Universal Studio Singapore.  Tips-tips ini diharapkan bisa bermanfaat bagi Anda yang berencana mengunjungi theme park ini selama melakukan perjalanan ke Singapura.

Jika Anda belum pernah ke sini sebelumnya, sebaiknya Anda membaca ulasan menganai Universal Studio Singapore terlebih dahulu agar Anda memiliki gambaran seputar tempat ini dan juga zona-zona yang ada di sana seperti: Hollywood, New York, Sci-Fi City, Ancient Egypt, The Lost World, Far Far Away dan Madagaskar.

Tips ke Universal Studio Singapore

Tips #1 : Cek & Pesan Harga Tiket secara Online

Tips pertama dan yang paling penting adalah cek terlebih dahulu harga tiket Universal Studio Singapore saat di saat Anda ingin berkunjung. Jika waktu Anda sudah fix, maka sebaiknya Anda memesan tiket lebih dulu melalui situs resmi Resort World Sentosa. Hal ini akan menghemat waktu Anda dan mencegah jangan sampai kehabisan tiket saat berada di sana, terutama jika kunjungan Anfa bertepatan dengan hari libur.

Berikut cara beli tiket Universal Studio Singapore secara online:
  • Kunjungi www.rwsentosa.com
  • Klik tab "Attractions" yang ada di sebelah kanan logo merah Resrt Worlds (kedua dari sebelah kiri). Lalu klik "Universal Studios Singapore".
  • Klik tab "Ticket" yang ada di bawah gambar besar.
  • Klik tombol "Book Now" di bawah tabel harga tiket.
  • Akan terbuka halaman pemesanan di tab baru. Pilih tanggal kunjungan pada kalender yang ada di sebelah kiri serta jumlah tiket yang akan dibeli dengan mengklik drop down. Jika ada diskon, maka akan ditampilkan di daftar harga terbut. 
  • Untuk menghindari antrian panjang di setiap wahana, Anda bisa memesan "Express pass" di bagian paling bawah.
  • Jika sudah selesai, klik "Confirm".
  • Di bagian selanjutnya akan ditampilkan kembali pemesanan Anda. Ceklis "Term & Conditions" di bagian bawah untuk menkonfirmasi.
  • Terakhir, siapkan kartu kredit Anda dan klik tombol "Pay" untuk melakukan pembayaran.
  • Jika proses pembayaran berhasil, Anda akan menerima email dari Resort World Sentosa dengan lampiran konfirmasi pemesanan dan e-tiket. Bawa kedua lampiran tersebut ke loket Gift Service yang berada tepat di luar Universal Studio untuk menukarkan voucer belanja dan makan sebesar $10 (per tiket). Voucer $10 ini dari Resort World, bisa berakhir kapan saja tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Tips #2: Seputar Atraksi dan Wahana di Universal Studio Singapore

tips wisata ke singapore, tips wisata ke universal studio singapore, tips wisata ke USS, roller coaster Battlestar Galactica in Sci-Fi City,  Donkey Live and Shrek 4-D Adventure, Jurassic Park Rapids Adventure,

Tips ke Universal Studio Singapore yang kedua adalah seputar wahana yang ada di sana. Karena ada banyak sekali wahana di USS yang bisa Anda coba dan kemungkinan Anda tidak bisa mencoba semuanya, jadi pastikan Anda tidak melewatkan beberapa wahana favorit di sana. Untuk orang dewasa, jangan lewatkan roller coaster Battlestar Galactica di Sci-Fi City yang sangat mendebarkan dan menantang adrenalin. Tak kalah menarik juga indoor roller coaster Revenge of the Mummy di Ancient Egypt.

Selain itu, ada dua wahana menyenangkan yang bagus untuk keluarga di The Lost World yaitu Jurassic Park Rapids Adventure dan Canopy Flyer. The Waterworld Anda juga ada Anda bisa melakukan banyak atraksi berbaya. Jika Anda penikmat pertunjukan live, Broadway Show Monstrocity di Pantages Hollywood Theater juga sangat menghibur.

Untuk anak-anak, jangan lewatkan beberapa atraksi wahana berikut: The Lights, Camera and Action, Donkey Live and Shrek 4-D Adventure. Wahana seperti Treasure Hunter, Dino-Soarin', Canopy Flyer, Magic Potion Spin, Enchanted Airways dan King Julien's Beach Party-Go-Round juga tak kalah menarik untuk anak Anda.

Tips #3: Perhatikan waktu setiap wahana


Waktu setiap wahana/pertunjukan bisa saja berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya, jadi perhatikan kembali waktunya jangan sampai ada perubahan dari pihak pengelola.

Tips #4: Manfaatkan Waktu menunggu

Waktu menunggu sebagian besar wahana dan atraksi di Universal Studio Singapore sekitar 15 menit kecuali Revenge for the Mummy. Anda dapat berjalan-jalan dari pintu masuk ke titik dimana wahana berada. Anda tidak dapat melihat panjangnya antrian dengan jelas karena Anda tidak bisa melihat dengan jelas ke dalam. Agar tidak menunggu lebih lama, Anda harus segera menuju wahana sesegera mungkin setelah taman dibuka. Sehingga Anda tidak perlu membeli bypass untuk memotong antrian di setiap wahana dengan biaya S$30 hingga S$68.

Tips #5: Tinggal hingga malam hari

Universal Studio Singapore buka dari jam 10 pagi hingga 7 malam setiap harinya. Pada hari jumat dan sabtu, mereka buka lebih lama sampai jam 10 malam untuk Zona Hollywood saja. Anda bisa melihat kembang api yang luar biasa pada jam 9.30 malam atau bersantai di salah satu kafe.

Tips #6: Hindari akhir pekan, hari libur atau liburan sekolah

Untuk menghemat waktu dan biaya saat melakukan wisata ke Universal Studio Singapore, Anda sebaiknya menghindari akhir pekan dan hari libur karena harga tiket lebih mahal dari hari biasa dan antrian di sebagai besar wahana dan atraksi akan lebih panjang.

Hari Libur Umum Singapura 2013

Libur Umum Tanggal Hari
Tahun Baru 1 Januari Selasa
Tahun Baru Cina 10 - 12 Februari Minggu - Selasa
Jumat Agung 29 Maret Jumat
Hari Buruh 1 Mei Rabu
Hari Waisak 24 Mei Jumat
Hari Raya Puasa 8 Agustus
Hari Kemerdekaan 9 Agustus Jumat
Hari Raya Haji 15 Oktober Selasa
Deepavali 3 November Minggu*
Hari Natal 25 Desember Rabu
* Hari senin berikutnya adalah hari libur umum

Jika memungkinkan, hindari juga hari libur sekolah. Hari libur sekolah di Singapura sekitar pertengahan maret (selama seminggu), akhir mei sampai bulan Juni, paruh pertama September (selama seminggu) dan pertengahan bulan November sampai bulan Desember.

Tips #7: Batas tinggi

Berikut ini daftar tinggi badan yang diperbolehkan di setiap wahana.

Atraksi dan Wahana Batas Tinggi Catatan
Lights, Camera, Action! dibawah 122 cm Harus didampingi orang dewasa.
Accelerator dibawah 122 cm Harus didampingi orang dewasa.*
Battlestar Galactica setidaknya 125 cm
Revenge of the Mummy setidaknya 122 cm
Treasure Hunters dibawah 122 cm Harus didampingi orang dewasa.*
Canopy Flyer 92 - 122 cm Harus didampingi orang dewasa.
Dino-Soarin dibawah 122 cm Harus didampingi orang dewasa.*
Jurassic Park Rapids Adventure 107 - 122 cm Harus didampingi orang dewasa.
Magic Potion Spin dibawah 100 cm Harus didampingi orang dewasa.
Shrek 4-D Adventure dibawah 122 cm Harus didampingi orang dewasa.
Enchanted Airways 92 - 122 cm Harus didampingi orang dewasa.
King Julien's Beach Party-Go-Round dibawah 122 cm Harus didampingi orang dewasa.
Madagascar: A Crate Adventure 107 - 122 cm Harus didampingi orang dewasa.
* Tidak diperbolehkan untuk bayi yang masih dipegang.

Tips #8: Bersiap jika basah

Beberapa wahana seperti Jurassic Park Rapids Adventure, Waterworld, dan Shrek 4-D Adventure mungkin akan membuat Anda basah. Jadi sebaiknya persiapkan diri untuk memakai jas hujan atau membawa pakaian ekstra jika Anda memang berencana untuk berwisata ke tempat-tempat tersebut.

Tips #9 : Minuman dan makanan

Ada banyak pendingin air di sekitar taman, sehingga Anda tidak perlu membawa banyak air karena Anda dapat mengisi air minum setiap saat. Untuk makanan, Anda dapat mencoba beberapa makanan lokal di Discovery Center Food Court yang terletak di Jurassive Park. Tapi, hindari jam makan siang, sekitar  jam 12 sampai jam 2 karena antrian akan lama.

Tips #10: Antisipasi cuaca panas

Cuaca di Singapura agak panas dan lembab. Sehingga pakailah pakaian yang tidak terlalu tebal dan bawalah payung untuk menjaga Anda dari teriknya matahari.

Tips #11: Cara ke Universal Studio

Banyak cara untuk sampai ke Universal Studio Singapore. Anda bisa menggunakan bus umum, kereta MRT, Sentosa Express, mobil pribadi atau Taxi. Cari tahu terlebih dahulu cara termudah untuk pergi ke USS dari tempat Anda agar lebih menghemat waktu dan biaya perjalanan Anda.

Tips #12: Rekomendasi Hotel di Universal Studio Singapore

Ada banyak hotel-hotel di dekat Universal Studio Singapore yang bisa Anda jadikan tempat menginap. Beberapa hotel yang kami rekomendasikan yaitu  Hard Rock Hotel, Hotel Michael, Festive Hotel, dan Crockfords Tower di Resorts World Sentosa Integrated Resort. Dengan tempat tingga yang tidak jauh dari USS, Anda bisa lebih menghemat waktu jika Anda ingin melanjutkan petualangan di keesokan harinya.

Itulah 12 tips jika Anda ingin melakukan wisata ke Universal Studio Singapore. Jika Anda memiliki tips lain, jangan sungkan untuk berbagi dengan pembaca blog ini melalui komentar di bawah. Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa share ke teman-teman Anda di sosial media agar mereka juga tahu tentang tips wisata kali ini. Terimakasih. :D
Advertisement
12 Tips Wisata ke Universal Studio Singapore | Hendsg67 | 5