Festival di Singapura 2014

Advertisement
Ada cukup banyak festival di Singapura yang di adakan sepanjang tahun. Jika Anda berencana untuk melakukan perjalanan ke Singapura, saya sarankan agar bertepatan  dengan sebuah festival sehingga Anda bisa bergabung dan menjadikan perjalanan Anda tak terlupakan.

Berikut ini adalah daftar festival dan kegiatan (events) yang akan diadakan di Singapura sepanjang tahun 2014. Beberapa diantanya dirayakan oleh penduduk lokal dan wisatawan.

Daftar Festival di Singapura 2014



Tanggal / Bulan
Festival
Venue
3 Feb
Thaipusam Festival 2015
Sri Srinivasa Perumal Temple
31 Jan dan 1 Feb
Tahun Baru Cina 2014

11 Jan - 28 Feb
Perayaan Tahun Baru Cina 2014
29 Jan - 8 Feb
River Hongbao 2014
The Float @Marina Bay
6 Feb - 16 Feb
Huayi - Chinese Festival of Arts 2014
Esplanade Singapore
7 - 8 Feb
Chingay Parade 2014
The Pit Building
8 - 17 Mar
Mosaic Music Festival 2013
Esplanade Singapore
15 - 23 Mar
Restaurant Week Singapore 2014
Various high-end restaurants
Tidak ada untuk tahun ini, akan diadakan kembali tahun 2015
Singapore Arts Festival

30 Mei - 27 Jul
Great Singapore Sale 2014
Hampir setiap mall dan pusat perbelanjaan
12 - 21 Jul
Singapore Food Festival 2013

9 Ags
National Day Parade 2014

24 - 25 Ags dan 31 Ags - 1 Sep
Singapore Night Festival 2013
National Museum of Singapore
19 Ags
Hari Raya 2013 @Geyland Serai & Kampong Glam
Geyland Serai, Kampong Glam
7 Ags - 4 Sep
Hungry Ghost Festival 2013

6 - 11 Sep
Moonfest - A Mid-Autumn Celebration 2013
Esplanade Singapore
16 Sep 2013
Mid-Autumn Festival Light-up @ Chinatown 2013
Chinatown
21 - 23 Sep
Singapore GP Season 2013
13 Nov
Deepavali 2013 @Little India
25 Des
Christmas in the Tropics 2013
8 Des
ZoukOut 2013
Sentosa Siloso Beach
31 Des
Siloso Beach Party 2013
Sentosa Siloso Beach


Namun Anda tidak perlu khawatir jika waktu liburan Anda tahun ini tidak bertepatan dengan salah satu perayaan di atas, karena perayaan ini masih tetap diadakan di tahun depan.

Festival Tradisional di Singapura

festival di singapore, wisata singapura, tempat wisata di singapura, tips tahun baru cina, perayaan tahun baru cina
River Hong Bao Festival

Seperti yang kita ketahui bersama bahawa penduduk Singapura merupakan campuran dari beberapa etnis seperti Tiong Hoa, Arab dan Melayu. Sehingga jangan heran jika ada benyak festival tradisional yang diadakan di Singapura sepanjang tahunnya. Jika Anda ingin berbaur dengan penduduk setempat dalam suasana sebuah perayaan, maka saat yang tepat adalah saat festival tradisional di Singapura berlangsung.

Di awal tahun ini, orang-orang Cina akan merayakan Tahun Baru Cina. Tahun Baru Cina adalah salah satu festival utama di Singapura yang diadakan bersamaan dengan Festival Sungai Hong Bao (River Hong Bao Festival), Chingay Parade dan Festival Kesenian Cina (Chinese Festival of Arts) - Huayi. Mereka juga merayakan Hungry Ghost Festival, dan Perayaan Pertengahan Musim Gugur - MoonFest bersamaan dengan Mid - Autumn Festival Light up, yang keduanya dilakukan bersamaan dengan Festival Mid - Autumn tahunan .

Sedangkan untuk etnis India, dua festival di Singapura yang menyimbolkan India adalah Thaipusam pada bulan Januari dan Festival of Lights - Deepavali pada akhir tahun. Yang terakhir, ada Hari Raya Puasa yang juga sangat sakral bagi masyarakat Melayu di Singapura. Ini adalah perayaan umat Melayu dan Muslim secara umum yang menandai akhir bulan puasa (Ramadhan) setiap tahunnya.

Festival dan Perayaan Lainnya di Singapura

Sebagai sebuah negara, Singapura juga telah menciptakan budayanya sendiri - Budaya Singapura. Selain festival tradisional yang diadakan oleh masing-masing etnis masyarakat, ada juga beberapa festival dan perayaan yang diadakan oleh seluruh kalangan masyarakat Singapura. Berikut adalah beberapa festival dan perayaan lainnya yang ada di Singapura.

Restaurant Week Singapore

Restaurant Week Singapore diadakan pertama kali pada Bulan Maret 2010 dengan restoran yang berpartisipasi sebanyak 58. Restaurant week ini kemudian diselenggarakan kembali pada 21-27 Maret 2011 dan telah menarik lebih banyak restoran yaitu 76 restoran sehingga para pecinta kuliner lebih memiliki banyak pilihan makanan maupun harga.

Great Singapore Sale

Great Singapore Sale ( GSS ) adalah event nasional tahunan yang dilaksanakan pada akhir Mei hingga bulan Juli. Event ini bertujuan untuk meningkatkan reputasi Singapura sebagai surga belanja terbaik di Asia. Dalam event ini, para shopper akan dimanjakan dengan diskon besar-besaran hampir di seluruh mall dan toko-toko di Singapura yang tidak pernah Anda temukan di waktu-waktu biasa.
Baca: Panduan Belanja di Singapore

Singapore Night Festival

Night Festival Singapura adalah festival yang berlangsung di area terbuka National Museum of Singapore, mulai dari tengah malam hingga lewat tengah malam selama dua minggu.
Dalam festival ini, Anda bisa menikmati pertujukan outdoor musik dan tari serta pertujukan cahaya yang mengagumkan. Selama event ini berlangsung, Anda juga bisa menikmati seluruh galeri di National Museum of Singapore, Peranakan Museum , Singapore Art Museum (SAM) secara GRATIS mulai jam 8 malam sampai jam 2 dini hari.

Singapore Food Festival

Singapore Food Festival digelar pada bulan Juli setiap tahunnya. Dalam event ini akan dipamerkan kuliner-kuliner terbaik asli dari Asia mulai dari makanan tradisional Cina, Melayu, India hingga Hawker food. Di sini para penggemar makanan dan minuman datang untuk mencicipi berbagai makanan yang ada.

Beberapa tempat yang biasanya dijadikan lokasi Singapore Food Festival ini seperti:
  • Longest Table in Little India, di Race Course Road, Little India
  • Read Bridge, Clarke Quay, Singapore River promenade outside The Central
  • Spice and Canapes in the Sky, Singapore Flyer
  • Tiffin Cruise, Singapore River, Liang Court Jetty
  • Culinary Masterclasses, Tott(Tools of The Trade) Store, 893 Dunearn Road 01-01A
Untuk lebih jelasnya, kunjungi website resmi Singapore Food Festival.

Singapore National Day

National Day atau hari kemerdekaan Singapura jatuh pada tanggal 9 Agustus setiap tahun. Di hari ini, banyak perayaan yang dilakukan secara besar-besaran. Diantaranya adalah Hari Parade Nasional (National Day Parade - NDP) yang diselenggarakan pada malam hari dengan puluhan ribu penonton, dan menyaksikan pertunjukan langsung parade dengan beragam musik, seni dan tarian.
Ini adalah stu-satunya hari dimana kantor-kantor, toko, bahkan restoran ditutup hanya agar mereka bisa menonton secara langsung maupun di saluran TV lokal. Karena seluruh masyarakat terpaku dalam perayaan ini, maka event National Day ini sangat sayang untuk dilewatkan.

Musim Grand Prix Singapura

Pada tanda Anda ! Dapatkan Set ! Pergi ! Anda tahu sudah waktunya untuk memakai gigi ngebut Anda dengan Season Singapore Grand Prix berlangsung setiap tahun selama bulan September , sebagai bagian dari Formula One ( F1 ) balapan malam - satu-satunya balapan malam di seluruh dunia . Ada tempat lain Anda harus tapi di sini ! Biarkan pecandu adrenalin di dalam kamu membebaskan dan jangan biarkan pengalaman electrifying ini zoom melewati Anda !
Christmas in the Tropics

Kita semua merayakan Natal , tapi tidak ada yang merayakan Natal dengan cara yang sama Singapura memang . Untuk perubahan , mengapa tidak mengunjungi Orchard Road Desember ini untuk perayaan seperti atipikal .

Perhatikan bagaimana sebuah distrik perbelanjaan yang sederhana berubah menjadi wonderland meriah seperti jalan-jalan dan Mal Belanja di Orchard masuk ke dalam semangat Natal . Mal boneka kostum tematik yang unik mereka sendiri sementara jalan-jalan yang dibuat indah dengan dekorasi warna-warni dan pencahayaan.

Singapore Arts Festival

Festival seni ini dilaksanakan selama bulan Mei dan Juni setiap tahun. Disini akan dirayakan seluruh bentuk seni budaya dari tari ansambel internasional hingga seni instalasi.

Esplanade Theatre on the Bay, serta museum dan pusat perbelanjaan di seluruh Singapura akan berubah menjadi panggung besar bagi pertunjukan yangmenampilkan seni kontemporer dan penampilan peavant -garde. Datang dan nikmati salah satu festival musik paling signifikan di Singapura dan rendam dalam tontonan budaya yang akan membuat Anda menahan nafas !

Singapore International Film Festival

Festival Film Internasional Singapura diadakan setiap tahun dari pertengahan sampai akhir April, merupakan salah satu festival utama Asia di Singapura yang merayakan industri film dan penyaringan hingga 300 film serius dan provokatif dari 45 negara di seluruh dunia.

Festival film ini fokus pada sinematografi terbaik dari Asia, Timur Tengah, Eropa, Amerika Utara dan Amerika Latin.  Seperti pada festival film lainnya, dalam event ini akan diberikan penghargaan dan pengakuan kepada film-film dan pembuat film terbaik Asia.

ZoukOut

Jika Anda salah satu penikmat kehidupan malam (nightlife) dan clubbing, maka ZoukOut adalah event yang tidak boleh Anda lewatkan saat di Singapura. Festival ZoukOut diadakan setiap tahun di Siloso Beach Sentosa dan paling terkenal di Singapura dimana Anda bisa dance dan mengekspresikan dirihingga larut malam. Event yang digelar pada bulan desember ini adalah salah satu pesta outdoor terbesar di Asia. Di sini banyak para DJ ternama dunia seperti James Lavelle, dan Tiesto and Armin Van Buuren, serta beberana nama DJ lokal seperti DJ Aldrin, djB and Andrew Chow, yang siap membuat anda bergoyang.
Advertisement
Festival di Singapura 2014 | Hendsg67 | 5

1 komentar: