Tips Wisata Hemat ke Singapura - 8 Cara Meminimalisir Pengeluaran saat ke Singapura

Advertisement
Banyak backpacker dan wisatawan yang merencakan perjalanannya ke Singapura hanya beberapa hari saja bahkan ada yang mengurungkan niatnya pergi ke Singapura hanya karena mendengar bahwa Singapura termasuk salah satu kota/negara dengan biaya hidup termahal. Sehingga mereka pikir melakukan wisata di Singapura dengan biaya murah akan sulit dilakukan. Tapi seperti kata orang bijak, susah bukan berarti tidak bisa dan Anda pun bisa melakukan wisata ke singapura dengan hemat biaya.

Dengan tips-tips berikut, Anda pun bisa melakukan wisata hemat ke Singapura dengan meminimalisir pengeluaran saat berada di Singapura. Sehingga Anda bisa menikmati suasana kota multinasional ini lebih lama tanpa harus menjadi penduduk Singapura.


1. Gunakan Kartu CEPAS/EZ-Link

Banyak wisatawan yang keliru dengan tidak membeli kartu transportasi di Singapura saat mereka tiba, kemudian mereka membayar dengan uang tunai setiap kali naik MRT atau bus. Padahal, dengan kartu EZ-Link, kita bisa lebih hemat saat membayar MRT dan bus di Singapura karena tarif yang dikenakan berdasarkan jarak tempuh, bukan tarif umum. Slain MRT dan bus mumum, kartu ini juga bisa digunakan untuk LRT.

Harga kartu EZ-Link adalah S$12, sudah termasuk kredit yang bisa digunakan sebesar S$7. Anda bisa membeli dan menambah kredit kartu di stasiun MRT atau di minimarket. Selain menghemat biaya, Anda juga bisa menghemat waktu mengantri di mesin tiket jika menggunakan kartu EZ-Link.
Baca tentang kartu EZ link disini.

2. Jangan membeli Singapore Tourist Pass

Singapore Tourist Pass (STP) hampir sama dengan EZ-Link. STP memungkinkan Anda melakukan perjalanan sepuasnya selama berada di Singapura untuk satu, dua atau tiga hari. Meskipun demikian, Singapore Tourist Pass lebih mahal dibanding EZ-Link.

Biaya untuk One-day pass sekitar S$18, harga ini sudah termasuk refund untuk pengembalian kartu. Namun Anda diharuskan mengambil empat atau lima kali perjalanan MRT setiap harinya. Kecuali jika Anda senang melakukan perjalanan kereta untuk menimati pemandangan di sekitar kota.

3. Isi Ulang Air minum

Tidak seperti negara-negara lain di Asia Tenggara, air keran di Singapura aman untuk diminum. Anda hanya perlu membawa atau membeli botol air seharga S$2 di minimarket dan Anda pun bisa mengisi air minum sepuasnya selama di Singapura.

4. Makan lah di Food Halls

Singapura memiliki beberapa food court, food halls, dan kios jajanan (hawker) terbaik di Asia. Jika Anda ingin mencari makanan yang enak dan murah, food hall mungkin bisa menjadi pilihan Anda. Di sana Anda bisa menemukan beberapa makanan enak mulai harga S$4-S$6. Ada juga makanan di bawah S$3 seperti mie Cina dan sup mie.

Ada juga Food court yang terdapat di hampir setiap bagian bawah mall mewah atau gedung pencakar langit. Namun, makanan di food court sedikit lebih mahal dari food center mandiri. Anda juga bisa mengunjungi sprawling food center di Chinatown, atau cheap-yet-delightful Lau Pa Sat food center di dekat pemberhentian MRT Raffles.
Lihat disini untuk melihat jenis-jenis tempat makan di Singapura.

5. Jangan Minum atau merokok

Berkat pungutan pajak yang tinggi, harga minuman beralkohol dan rokok menjadi sangat mahal di Singapura. Sebagai contoh, harga satu pak rokok Marlboro sekitar S$12 (lebih dari Rp.100.000). Harga minuman pun seperti itu, sangat mahal bahkan melebihi standar AS dan Eropa. Tarif masuk ke klub malam bisa mencapai S$30, sudah termasuk satu minuman berair.

6. Menikmati Taman

Walaupun sebagian besar Singapura terdiri dari beton, namun kota ini masih memiliki taman yang indah dengan jaringan yang menghubungkan seluruh kota. Anda bisa menikmati pemandangan taman secara gratis dengan sistem penghubung yang kompleks menghubungkan taman satu dengan taman lainnya melalui skywalk.

7. Mencari pertunjukan yang Gratis

Untuk menghemat biaya wisata Anda di Singapura, Anda juga bisa menikmati beberapa penampilan seni, pertunjukan umum, dan artis jalanan di sepanjang sungai, esplanade dan pusat kota khususnya di akhir pekan.

Anda juga bisa mengunjungi Museum di Singapura. Meskipun harga masuknya cukup mahal, namun ada beberapa hari dimana mereka akan memberikan diskon tarif masuk untuk pameran khusus. Anda bisa mengeceknya di counter atau di majalah tentang promosi ini.
Namun jika Anda tidak menemukan diskon saat perjalanan wisata Anda, Anda bisa membeli three-day pass (tiket selama tiga hari) untuk mengunjungi museum sepuasnya dengan tarif S$20.

8. Berbelanja di Tempat yang Tepat

Singapura memiliki banyak tempat berbelanja yang tidak bisa Anda jelajahi dalam beberapa bulan. Bahkan di Bandara Changi pun memiliki sebuah mall besar yang praktis dan lengkap. Namun pada umumnya mall-mall di Singapura sangat mahal. Jika Anda ingin berbelanja souvenir dan keperluan lainnya, sebaiknya Anda berbelanja di toko-toko murah di sekitar Chinatown dan Little India.

Untuk snack, minuman dan perlengkapan mandi, Anda bisa membelinya di supermarket yang terletak di bagian bawah mall-mall besar daripada di minimarket. Salah satu yang cukup murah adalah Vivomart yang terletak Vivocity (mall terbesar di Singapura).
Lihat: Tempat Belanja Murah di Singapura
Advertisement
Tips Wisata Hemat ke Singapura - 8 Cara Meminimalisir Pengeluaran saat ke Singapura | Hendsg67 | 5

3 komentar:

  1. untuk ez-link itu untuk berapa hari pemakaiannya?
    1 hari ato sampai uang d ez-link habis?
    kartu ez-link cuma bisa dipakai buat bus sm MRT?apakah bisa untuk membayar d minimarket dan makanan d foodcourt?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masa berlaku EZ-link sampe 5 tahun, tentunya selagi saldonya masih ada. untuk penggunaan, selain tiket ada juga tempat2 makan yg memberik diskon bagi pengguna EZ link, cek disini http://www.ezlink.com.sg/ez-link-card/where-to-use.php

      Hapus
  2. kalo soal kurs 1 dolllar Singapore itu brp Rupiah ya?

    BalasHapus