Kartu EZ-Link (EZ-Link Card)

Advertisement
Kartu EZ-Link (EZ-Link card) merupakan kartu transportasi yang sebaiknya Anda beli saat tiba di Singapore. Kartu ini merupakan kartu e-money yang digunakan untuk melakukan pembayaran tiket MRT, LRT, bis, dan beberapa outlet lainnya.

Dengan kartu EZ-Link, proses pembayaran akan lebih cepat karena kita tinggal menempelkan kartu di dekat mesin tanpa perlu mengeluarkan uang cash lagi. Selain itu, kita bisa lebih hemat dibandingkan jika menggunakan uang cash. Hal ini karena harga tiket dihitung berdasarkan jarak tempuh, bukan setiap kali naik. Meskipun selisihnya tidak terlalu besar, namun jika kita sering bepergian selama di Singapura maka ini akan menghemat biaya perjalanan kita.
Baca juga 8 tips menghemat biaya saat di Singapura lainnya. 


ez-link card, tiket mrt murah, kartu transportasi, bayar tiket singapore, wisata di singapore

Tempat Membeli Kartu EZ-Link

Untuk mendapatkan kartu EZ-Link, Anda bisa membelinya di bagian ticket office di stasiun-stasiun MRT. Jika kebetulan bagian ticket office sedang tutup, cobalah bertanya kepada petugas yang ada di ruangan kaca. EZ-Link juga tersedia di mustafa center Little India dan kios-kios 7-Eleven yang tersebar di Singapore.

Harga Kartu EZ-Link

Di stasiun MRT, kartu ini dijual dengan harga S$12. Harga ini sudah termasuk saldo sebesar S$7 yang bisa dipakai, sedangkan sisanya adalah harga kartu. Satu buah kartu hanya bisa digunakan oleh satu orang saja pada waktu yang sama, jadi jika Anda pergi bertiga, berarti Anda harus membeli tiga kartu.

Meskipun sedikit mahal, namun kartu ini bisa disimpan dan digunakan kembali jika Anda ke Singapura dalam kurun waktu 5 tahun. Namun jika Anda merasa sudah tidak menggunakannya dalam dalam waktu lama dan saldo yang tersisi masih banyak, Anda boleh melakukan refund (penarikan saldo kembali) dengan catatan kartu sudah tidak dapat dipakai lagi setelah refund.

Cara Menggunakan EZ-Link

general ticketing machine, masin tiket mrt, ez-link card, tiket mrt murah, kartu transportasi, bayar tiket singapore, wisata di singapore, cara mengisi saldo ez-link
Setelah mendapatkan kartu EZ-Link, Anda bisa mengecek isi saldonya pada mesin tiket yang ada di stasiun. Jika dirasa masih kurang, Anda juga bisa melakukan top-up di mesin tersebut.

Cara penggunaannya mudah, Anda tinggal menempelkan kartu ini ke mesin yang telah disediakan sebelum masuk gerbang stasiun MRT atau naik bis. Setelah sampai di tujuan, Anda harus menempelkan lagi sebelum keluar gerbang MRT atau turun bis.

Cara Top-up EZ-Link

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, saldo kartu EZ-Link ini bisa diisi kembali (top-up). Batas minimun saldo adalah S$3 dan Anda harus melakukan top-up lagi. Anda bisa melakukan top-up di beberapa tempat seperti di mesin tiket yang ada di stasiun, 7 eleven, serta ATM. Namun yang paling mudah dan murah yaitu dengan mesin tiketing yang disebut General Ticketing Machine (GTM) yang terdapat di stasiun MRT.

Adapun langkah-langkah melakukan top-up di GTM:
  • Letakkan kartu di tempat kartu bagian tengah (tempat kartu yang letaknya agak menjorok)
  • Di bagian kiri bawah, ada monitor layar sentuh pilih Add Value > Cash
  • Kemudian masukkan uang Anda (harus uang yang terbuat dari plastik, bukan kertas) dengan nominal S$10, S$20, atau S$50, ke dalam lubang uang kertas di kanan atas. Anda juga bisa melakukan pembayaran dengan kartu debit di mesin ini.
  • Pastikan proses top-up sudah selesai sebelum Anda mengambil kartu EZ-link dari tempatnya.

Atau Anda bisa lihat di video berikut:


Advertisement
Kartu EZ-Link (EZ-Link Card) | Hend Galus | 5

2 komentar:

  1. halo, mau tanya. Kalo mau refund ez link dimana? Di changi bisa ya?yg di refund, sisa saldo kita, atau sekalian harga kartunya ? Tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tempat refundnya di ticket office yg ada di stasiun2. Kalau maksudnya di Bandara sepertinya ga ada mas. yg direfund itu sisa saldo+harga kartu, tapi nanti akan ada feenya.
      semoga membantu.

      Hapus